Alasan Umum Mengapa Kamu Tidak Bisa Menabung dan Cara Mengatasinya

Kita semua bekerja keras untuk mendapatkan uang. Pertanyaannya adalah, apakah kita bekerja cukup keras untuk memastikan bahwa kita tidak pernah kehabisan?

Alasan Umum Mengapa Kamu Tidak Bisa Menabung dan Cara Mengatasinya


Menabung adalah kebiasaan yang sangat mendasar yang harus dipelajari setiap profesional. Tapi kita lebih suka menghabiskan uang yang dengan susah payah kita dapatkan daripada menyisihkannya untuk saat-saat genting. Ketidakmampuan menabung ini merupakan masalah yang serius dari sudut pandang keuangan dan dapat dikaitkan dengan banyak hambatan atau alasan yang terlalu akrab bagi banyak profesional di luar sana.

Berikut adalah beberapa alasan yang paling umum dilakukan oleh orang-orang yang tidak dapat menyimpan atau menabung sangat sedikit:


  • “Belum punya cukup uang untuk ditabung”

Ini merupakan alasan yang umum diantara professional muda yang baru memulai kariernya. Saat menabung menjadi sangat sulit karena gajimu masih kecil, bukan berarti kamu boleh tidak menabung sama sekali. Ingatlah, akan selalu ada ruang untuk perbaikan dan jika itu berarti kencangkan ikat pinggang, maka kamu harus melakukannya.

Mungkin sudah saatnya kamu melihat pengeluaranmu dan melihat apakah ada kesempatan untuk bisa menabung. Kamu juga bisa mengevaluasi ulang pekerjaanmu. Jika bayarannya benar-benar bermasalah, mungkin sudah saatnya kamu mencari pekerjaan lain yang lebih tinggi.


  • “Saya masih punya beberapa tagihan.”

Memiliki sejumlah uang bisa menghalangimu untuk menabung. Bisa juga, sambil melunasi hutang tapi tetap menabung. Semakin cepat kamu melepaskan diri dari hutang, semakin cepat bisa memulai  tabungan untuk diri sendiri atau keluargamu.

Tapi kalau keuanganmu memungkinkanmu melunasi hutang dan menabung pada saat bersamaan, lalu apa yang menghentikanmu melakukannya? Menabung tidak berarti kamu menyisihkan sebagian besar gaji bulananmu dengan mengorbankan pembayaran hutang dan biaya hidupmu sendiri. Kamu hanya perlu mengalokasikan sejumlah kecil untuk tabunganmu. Dan begitu hutangmu menjadi lebih kecil, secara bertahap kamu bisa mulai meningkatkan jumlah uang yang kamu simpan.


  • “Saya tidak tahu kemana perginya uangku”

Banyak orang menggunakan alasan ini seolah-olah uang mereka tiba-tiba menghilang setelah menerima gaji mereka. Kalau kamu salah satu dari orang-orang itu, maka kamu pasti memiliki beberapa masalah serius dalam melacak pengeluaranmu. Kamu mungkin bahkan tidak pernah mengurus anggaran bulanan dalam hidupmu yang menjelaskan kenapa kamu tidak tahu di mana kamu menghabiskan uangmu.

Ingatlah bahwa kehilangan kendali atas pengeluaranmu adalah masalah serius dan kamu perlu mengendalikannya sesegera mungkin. Mulailah dengan melacak pendapatan dan pengeluaranmu. Tidak perlu skema yang rumit, hanya perlu membuat anggaran realistis yang bisa kamu gunakan dan jalani.

Setelah kamu bisa melacak pengeluaranmu, kamu juga bisa menentukan area di mana kamu bisa mulai memotong beberapa biaya dan mengalokasikannya ke rekening tabungan.


  • “Saya akan mulai menabung nanti.”


Tidak ada penundaan yang baik, sebaliknya malah bisa membahayakan masa depan keuanganmu. Alasan ini juga sama saja dengan “Saya masih terlalu muda untuk menabung” atau “Saya ingin menghabiskan uang hasil jerih payah saya selama masih bisa”. Tapi coba tebak? Tidak ada yang namanya “menabung terlalu dini” atau “terlalu muda untuk menabung”.

Sama sekali tidak ada alasan untuk menghabiskan semua uangmu hanya karena kamu bisa atau hanya karena kamu pikir kamu masih punya banyak waktu di masa depan untuk menabung. Kebenaran yang menyedihkan yang perlu kamu sadari adalah bahwa kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kemudian. Kalau kamu punya kemampuan untuk menghemat uang sekarang, mulailah menabung!

***

Ini hanyalah beberapa alasan paling umum mengapa banyak profesional yang bekerja tidak dapat menabung. Dan sementara rintangan ini mungkin tampak berat bagi kebanyakan kita, kita harus berhenti menggunakannya sebagai alasan. Lebih penting lagi, kita harus berusaha sekuat tenaga untuk mengatasinya untuk menjamin masa depan keuangan kita

Sumber : JobsDB.com
Disclaimer:Mohon untuk selalu mengecek tanggal DI TERBITKAN lowongan kerja diatas
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui email

Perlu sahabat pencaker ketahui, kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap informasi lowongan kerja disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU

Informasi lowongan kerja yang kami terbitkan berasal dari group facebook dan dari situs yang terpercaya yang kami searching terlebih dahulu kebenarannya. Apabila ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui
email ke : lowongankerjajawa@gmail.com
MAU DAPAT INFO LOKER GRATISS ? Gabung disini.

0 Response to "Alasan Umum Mengapa Kamu Tidak Bisa Menabung dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silakan bertanya, gunakan kalimat yang jelas dan sopan.
Terima Kasih